Advertisemen
AdvertisementMitos bahaya ganti oli saat masih panas - pernahkah kamu mendengar bahwasanya mengganti oli mesin kendaraan baik itu motor ataupun kendaraan beroda empat waktu masih panas dapat membahayakan baut penyumbat oli mesin ? serta dikhawatirkan jika kelak dipaksakan maka baut penyumbat oli tadi ulirnya mampu rusak ?
Sebenarnya membuka baut sumbat oli baik dalam keadaan mesin masih panas ataupun tidak bukan jadi masalah serta hal ini tidak akan menyebabkan kerusakan serius terhadap baik itu ulir yang ada pada baut sumbat oli maupun ulir yang ada pada lubang kuras oli. Karena tidak di dapati pembuktian secara ilmiah mengenai hal ini.
Malah saya sendiri yang telah lama bekerja serta berhubungan langsung yang dengannya urusan buka membuka baut sumbat oli ini selama hampir 5 tahunan tidak pernah menemui kerusakan baut atau lubang sumbat oli yang penyebabnya yaitu karena menguras oli waktu kondisi mesin masih dalam keadaan masih panas.
Baca juga : Oli mesin bisa kadaluarsa hanyalah mitos, baca selengkapnya disini
Yang ada merupakan kesalahan waktu kita memasang kembali baut penyumbat lubang kuras yang tidak benar ulirnya atau yang Suka dikenal yang dengannya sebutan salah ulir, kemudian dipaksakan agar baut yang telah di sebutkan rapat, memanglah jika masih pertama kali salah ulir, baut mampu dipaksakan masuk serta rapat, akan tetapi waktu membuka untuk kedua kali atau ketiga kalinya maka ulir yang salah tadi akan ikut tertarik kemudian hancur atau doll. Biasanya hal ini ditandai disaat waktu kita membuka baut penyumbat oli terasa keras atau seret, mampu dipastikan jika waktu membuka telah terasa seret, disaat kamu pasang kembali akan terjadi doll.
Kesalahan dalam pemasangan sumbat penutup ini mampu dilakukan oleh siapa saja, terlebih lagi oleh orang-orang yang kerja nya grusa grusu alias terburu buru, baut belum sepenuhnya masuk bahkan langsung disikat yang dengannya memutar mempergunakan kunci baut, padahal memasang baut penyumbat ini juga ada tatacaranya. Cara memasang baut sumbat oli yang benar merupakan, pertama kita masukkan baut yang telah di sebutkan kedalam lubang penguras yang dengannya cara diputar mempergunakan tangan hingga rapat, baru kemudian kita keraskan yang dengannya tekanan tidak banyak untuk memperkuat baut yang telah di sebutkan.
Jadi jika pertama kali kamu pasang yang dengannya memutar mempergunakan tangan, baut belum masuk yang dengannya sempurna serta terasa seret, jangan diteruskan karena telah pasti kamu salah ulir. Jadi bila kamu memutuskan ingin mengganti oli mesin sendiri alangkah baiknya melakukanna yang dengannya benar baik itu membuka atau menutup baut penyumbat oli nya, serta pastikan juga anda sekalian selalu mengganti ring atau gasket sumbat oli yang dengannya yang berukualitas agar tidak merusak ulir.
Baca juga : Ketahui ciri gasket sumbat oli yang tidak merusak ulir
Mudah-mudahan goresan pena diatas dapat mengklarifikasi pendapat yang menyebutkan bahwasanya mengganti oli saat mesin panas bisa merusak baut merupakan tidak benar karena tidak di dapati pembuktiannya sama sekali.
Baca juga : Analisa buka usaha cuci motor dengan steam yang menguntungkan
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com
Advertisemen