Cara Meningkatkan Kompresi Mesin

Advertisemen
Advertisement





Cara menaikkan kompresi mesin - semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan dan suhu yang ada pada ruang bakar mesin yang selanjutnya waktu proses pembakaran terjadi, membuat ledakan tenaga mesin menjadi lebih besar yang tentunya diikuti yang dengannya penggunaan bahan bakar yang tepat, karena kompresi mesin yang tinggi jika memakai bahan bakar sekelas premium resiko terjadinya knocking piston menjadi tinggi.
Knocking merupakan kondisi dimana bahan bakar terbakar duluan sebelum dinyalakan oleh busi, menjadikan seolah olah gerakan piston ini tidak langsung lurus naik turun, melainkan bergetar yakni naik-turun serta goyang ke kiri serta kekanan menjadikan bahkan membuat tenaga mesin menjadi loyo serta resiko kerusakan mesin menjadi lebih besar lagi.
motor drag racing

Itulah sebabnya beberapa motor yang memanglah digunakan untuk ajang balapan, khususnya balapan jarak pendek atau drag akan memodifikasi sektor dapur pacu yang dengannya meningkatkan rasio kompresi dari yang semula standar bawaan motor menjadi lebih tinggi lagi. Lalu cara apa saja yang mampu dilakukan untuk meningkatkan rasio kompresi mesin ? silahkan disimak cara tatacaranya dibawah ini.


Cara menaikkan rasio kompresi mesin




1. Papas silinder head atau blok mesin



Papas silinder head atau blok mesin

Cara yang pertama merupakan yang dengannya memperpendek ruang ruang bakar, untuk memperpendek ruang bakar ini kamu mampu memapas blok mesin serta boring bagian atas atau silinder headnya menjadikan yang semula panjang menjadi pendek. Yang dengannya melakukan pemapasan ini kamu akan mendapatkan ruang kompresi yang jauh lebih rapat lagi menjadikan rasio kompresi pun menjadi naik.


2. Mengganti piston standar yang dengannya dome piston






Mengganti piston dengan dome piston
Semisal model bentuk dome piston



Cara berikutnya untuk meningkatkan kompresi mesin merupakan yang dengannya mengganti piston standar bawaan motor yang dengannya piston aftermarket type dome atau kubah. Piston dome ini mempunyai bentuk kubah atau tonjolan lebih pada permukaannya, menjadikan kubah atau tonjolan yang ada pada ujung piston ini membuat ruang kompresi menjadi lebih rapat serta rasio nya naik.


3. Memperbanyak pasokan udara kedalam ruang bakar






turbo motor
Semisal pengaplikasi an turbo pada mesin motor



Langkah berikutnya agar kompresi mesin bisa meningkat merupakan yang dengannya memasok udara lebih tidak sedikit kedalam ruang bakar. Secara umum udara yang masuk kedalam ruang bakar ini volumenya sama yang dengannya jumlah udara waktu langkah hisap dimana piston berada pada titik mati bawah yang kemudian dikompresi. Untuk menaikkan kompresi mesin kamu juga mampu memasok jumlah udara yang jauh lebih tidak sedikit kedalam ruang bakar menjadikan kompresinya menjadi meningkat. Satu dari sekian banyaknya tatacaranya merupakan yang dengannya memasang perangkat turbocharger pada mesin.
Selain mengaplikasikan mesin turbo kedalam mesin, kamu juga mampu mengaplikasikan teknologi NOS kedalam mesin baik itu mesin kendaraan beroda empat maupun mesin motor untuk meningkatkan kompresi menjadikan tenaga menjadi lebih powerfull.
Sebagai berita tambahan kapasitas ruang mesin yang biasa kita sebut yang dengannya cc mesin merupakan sebuah kapasitas atau ruang volume dimana 1 cc sama yang dengannya 1cm kubik ( 1cm x 1cm x 1cm ). Jika kamu ingin menaikkan cc mesin dari yang standar ke cc tertentu juga Perlu mengerti cara melakukan perhitungannya.
Untuk goresan pena kami yang lain yang berkaitan yang dengannya tenaga mesin silahkan baca baca dibawah ini :


Mudah-mudahan artikel diatas dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments